Institut Teknologi Sepuluh November

 

Deskripsi Pada tanggal 10 Nopember 1957, Yayasan Pendidikan Tinggi Teknik 10 Nopember (YPTT) yang diketuai oleh Dr. Angka Nitisastro mendirikan “PERGURUAN TINGGI TEKNIK 10 NOPEMBER” dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Sokarno. Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember Surabaya memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin.
Nama perguruan tinggi teknik tersebut dipilih dengan maksud agar jiwa, semangat, dan cita-cita 10 Nopember 1945 dipakai sebagai keteladanan dan semangat oleh mahasiswanya. Pada jiwa 10 Nopember 1945 terkandung tekad keikhlasan berkorban demi negara, rasa persatuan serta semangat bergotong royong. Jiwa dan semangat 10 Nopember diyakini dapat memacu para mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan mereka kelak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Disadari bahwa penggunaan nama 10 Nopember mengandung konsekuensi yang amat berat, yakni menjaga dengan sekuat tenaga agar nama keramat bagi bangsa Indonesia itu jangan sampai ternoda.
Setelah melalui usaha-usaha yang dirintis oleh tokoh-tokoh dari YPTT, pada tahun 1960 Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember Surabaya diubah statusnya menjadi perguruan tingg negeri dengan nama “INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA”.

Perubahan tersebut ditetapkan dalam SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 3 Nopember 1960, No. 93367/U.U. yang kemudian diperbaharui dan diubah melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 101250/U.U., tanggal 3 Desember 1960. Dengan SK Menteri yang kedua tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang semula hanya mempunyai dua jurusan, berubah menjadi lima Jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia. Selanjutnya status jurusan-jurusan tersebut masing-masing dirubah menjadi fakultas, dan dengan Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1961, tanggal 23 Maret 1961, ditetapkan bahwa Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang pertama adalah 10 Nopember 1960.
Dalam perkembangan selanjutnya, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 72 Tahun 1965, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang lebih dikenal dengan nama ITS membuka dua fakultas baru, yaitu Fakultas Teknik Arsitektur dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Sementara itu pada tahun 1976 dibuka program Non-Gelar diantaranya program Non-Gelar Teknik Sipil yang dikelola oleh Fakultas Teknik Sipil dan kemudian disusul dengan dibukanya Lembaga dan Pendidikan Pekerjaan Umum (LPPU-ITS).
Selanjutnya dalam perjalanan perkembangannya, struktur organisasi ITS mengalami perubahan pada tahun 1983. Melalui Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 1980, Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1981, dan Keputusan Presiden No. 58 Tahun 1982 yang berlaku bagi seluruh universitas/ institut, jumlah fakultas di lingkungan ITS berubah menjadi lima.

Fakultas Teknik Sipil berintegrasi dengan Fakultas Teknik Arsitektur dan berubah menjadi Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan (FTSP) dan terdiri dari Jurusan  Teknik Sipil, Jurusan Teknik Arsitektur dan Jurusan Teknik Penyehatan. Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknik Kimia, dan Fakultas Teknik Elektro dilebur menjadi Fakultas Teknologi Industri (FTI) dengan empat jurusan yakni Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Fisika, serta dua program studi yaitu Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Industri.
Fakultas Teknik Perkapalan dikembangkan menjadi Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dan mempunyai tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Perkapalan, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, dan Jurusan Teknik Kelautan. FIPIA berubah menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dengan Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Jurusan Statistika, dan Jurusan Kimia. Program-program Non-Gelar diintergrasikan menjadi Fakultas Non-Gelar Teknologi (FNGT) yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, LPPU, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Perkapalan.
Pada tahun 1991 terjadi perubahan lagi. Jumlah fakultas yang semula lima diciutkan menjadi empat menyusul penutupan dan pengintegrasian Fakultas Non-Gelar Teknologi (FNGT). Sebagai realisasi SK Mendikbud No. 1312/O/1991 yang mengatur hal tersebut diatas, jurusan-jurusan yang ada di FNGT diintegrasikan ke jurusan yang sejenis di dua fakultas yakni FTI dan FTSP.

Selain fakultas-fakultas di atas ITS memiliki dua politeknik yakni Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). PPNS yang didirikan pada tahun 1987 memiliki tiga program studi yakni Teknik Bangunan Kapal, Teknik Permesinan Kapal, dan Teknik Kelistrikan Kapal. Sedangkan PENS yang didirikan pada tahun 1988 memiliki program Diploma III dengan Jurusan Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Listrik, dan Teknologi Informasi, serta program diploma IV dengan Jurusan Teknik Elektronika, Teknik Komunikasi, dan  Teknik Listrik.
Mulai tahun 1993, ITS menyelenggarakan pogram pascasarjana (magister). Pada saat ini, Program pascasarjana ITS memiliki 12 program studi, yakni Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknologi Kelautan, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Statistika, Fisika dan Magister Manajemen Teknologi. Pada tahun 2001, dibuka Program Doktor dengan empat program studi, yaitu Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur dan Teknologi Kelautan.
Pada tahun 1998, ITS membuka empat program studi baru, yaitu Desain Produk Industri, Teknik Material, Teknik Geodesi, dan Biologi. Selanjutnya pada tahun 2001, dibuka lagi dua program studi yaitu Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan Program Studi Sistem Informasi. Saat ini, secara keseluruhan, ITS memiliki 23 jurusan/program studi.
Bedasarkan Keputusan Rektor ITS No. 1115.1/PP/2001, tanggal 14 Juni 2001, ITS membentuk Fakultas baru, yakni Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) dengan dua jurusan/program studi, yaitu : Jurusan Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: