ITS >> next

Visi ITS sebagai perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, terutama yang menunjang pembangunan industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan.
Misi * Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang efisien untuk menghasilkan lulusan bertaraf internasional;
* Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta melaksanakan kegiatan inovatif dan alih teknologi untuk kemaslahatan manusia;
* Menumbuhkan kapasitas sebagai institusi sumber dan jejaring bagi perluasan kegiatan pendidikan dan penelitian;
* Menumbuhkan dan menjaga moral akademik, etika, dan agama untuk pembangunan peradaban manusia;
* Melaksanakan pengelolaan perguruan tinggi berdasarkan prinsip ekonomis dan akuntabilitas

AKREDITASI FAKULTAS

 

Akreditasi A

INFORMASI BEASISWA

 

PMDK BERBEASISWA / PMDK DHU’AFA
Apakah PMDK itu?
PMDK adalah singkatan dari Penelusuran Minat dan Kemampuan, yaitu sistem penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri yang tidak didasarkan pada hasil spot test akan tetapi didasarkan pada evaluasi nilai selama di SMP dan SMA. Nilai mata pelajaran (tertentu) ini dimasukkan dalam suatu persamaan dengan memperhitungkan peringkat SMA secara nasional sesuai ranking SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru). Nilai hasil persamaan ini akan menjadi Indeks untuk penentuan penerimaan mahasiswa baru.
Apakah PMDK Berbeasiswa itu?
Misi utama perguruan tinggi seperti ITS adalah memberikan kesempatan bagi seluruh rakyat dari segala strata untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Pendidikan tinggi yang seperti itu tidak akan terlepas dari kebutuhan sarana dan prasarana yang harus disesuaikan, sehingga diperlukan pembiayaan memadai. Untuk saat ini, biaya seperti itu belum ditanggung oleh pemerintah semuanya, sehingga sebagian harus dibebankan pada pemakai jasa pendidikan, yakni masyarakat.

Dengan kondisi perekonomian yang kurang menguntungkan seperti dewasa ini, tidak semua lapisan masyarakat akan mampu berpartisipasi menyangga beban pendidikan tinggi. Ini berarti, sebagian masyarakat, utamanya dari strata bawah, tidak akan dapat memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan tinggi berkualitas seperti di ITS. Fakta menunjukkan bahwa banyak sekali anak-anak pandai dari keluarga tidak mampu yang masuk dalam kategori tersebut.
Didasarkan pada kondisi tersebut, mulai pada tahun akademik 2005/2006 pimpinan dan segenap civitas academica ITS kemudian mencanangkan suatu tekad untuk berusaha dengan segala kemampuan mencoba memberikan kesempatan bagi masyarakat strata bawah ikut menikmati pendidikan tinggi. Tekad tersebut utamanya dilandasi oleh kesadaran bahwa masyarakat strata bawah tidak selayaknya tersisihkan dari kesempatan untuk mendapatkan hak pendidikan tingginya.
Sebagai konsekuensi tekad tersebut adalah ITS harus dapat menyediakan biaya bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Biaya tersebut tidak saja berupa SPP yang harus dibayarkan ke ITS sebagai bentuk partispasi untuk penyelenggaraan pendidikan, tetapi harus termasuk juga biaya hidup mahasiswa selama di Surabaya untuk mengikuti pendidikan di ITS.
Dari sisi pembayaran SPP dan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi), ITS sementara ini telah mampu mengatasinya dengan mengalokasikan dana dari sumber pemasukan yang lain. Namun untuk biaya hidup di Surabaya, ITS belum mampu menyediakannya. Oleh karena itu ITS mengharapkan partisipasi dari pihak-pihak lain, baik dari institusi maupun perorangan, utamanya para alumni ITS yang telah berhasil dan terketuk hatinya untuk membantu para calon mahasiswa yang tidak cukup beruntung dari segi finansial.

FASILITAS

 

Program Studi

 

Nama Jurusan Teknik Perkapalan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Sistem Perkapalan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Kelautan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi : –     Diploma : –     Sarjana : 3     Magister : 1     Doktorat : 1
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: